iklan banner
MASIGNCLEAN101

Aneka Ragam Motif Jenis Batik Cirebon

Aneka Ragam Motif Jenis Batik Cirebon
Thursday, January 16, 2014
Motif Batik Cirebon - Batik Mega Mendung - Batik merupakan warisan busana Indonesia yang bisa kita temui di berbagai macam tempat atau daerah seluruh Nusantara, tak terkecuali daerah Cirebon. Batik Cirebon selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga bertahan sampai saat ini. Perkembangan batik Cirebon tersebut ditandai dengan penghagaan Upakarti pada tahun 2009 kepada
salah satu kelompok yang dinilai berperan penting dalam pelestarian batik Cirebon. Nah, apa yang membuat batik Cirebon begitu spesial? Hal ini tidak terlepas dari motif batik yang sangat beragam pada corak batik Cirebon. Untuk mengetahui lebih dalam, silahkan simak beberapa motif batikCirebon di bawah ini. 


Motif Batik  Cirebon Mega Mendung.

 
Motif Batik  Cirebon Mega Mendung.
Motif Batik  Cirebon Mega Mendung.

Garis-garis awan dalam motif batik Cirebon sedikit banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Cina. Akan tetapi meskipun sedikit di adaptasi dari kebudayaan Cina, namun batik Cirebon tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam motif awan yang dilukis. Batik mega mendung pertama kali diciptakan oleh Pangeran Cakrabuana dan terus dilestarikan sampai saat ini hingga menjadi ciri khas kota Cirebon.

Motif Batik Cirebon Kupu-kupu.

Motif Batik Cirebon Kupu-kupu.
Motif Batik Cirebon Kupu-kupu.


Sesuai dengan namanya, motif jenis ini melukiskan kupu-kupu pada seluruh bagian baju. Motif kupu-kupu biasanya menggambarkan keadaan riang dan ceria dengan paduan warna gradasi seperti hijau dan ungu.

Motif Batik Cirebon Burung Merak. 

Motif Batik Cirebon Burung Merak
Motif Batik Cirebon Burung Merak


Batik Burung merak menonjolkan kesan elegan dengan balutan warna kuning emas untuk memperindah gambar burung Merak pada batik tersebut.

Motif Batik Cirebon Ikan Laut. 

Motif Batik Cirebon Ikan Laut
Motif Batik Cirebon Ikan Laut


Batik jenis ini adalah penggambaran dari hasil alam kota Cirebon yang sangat melimpah di daerah pesisir.

Motif Batik Cirebon Arjuna.

Motif Batik Cirebon Arjuna.
Motif Batik Cirebon Arjuna.


Untuk menunjukkan identitas dan jati diri masyarakat Cirebon yang kaya akan khazanah Budaya, maka dibuatlah jenis batik dengan motif Arjuna dalam penggambaran batik.

Motif Batik Cirebon Paksi Liman.

Motif Batik Cirebon Paksi Liman.
Motif Batik Cirebon Paksi Liman.


Batik jenis ini sangat kental dan dipengaruhi oleh budaya jaman Hindu dan Islam di Persia. Hal ini ditunjukkan dari adanya beberapa motif yang menggambarkan keadaan perang pada masa itu demi tujuan sebuah perdamaiaan. 

Jika anda seorang pecinta batik, tidak ada salahnya anda untuk mengoleksi beberapa baju batik cirebon di atas supaya bisa mengenalkan budaya batik lebih luas pada kalangan masyarakat.


Sumber : http://kabarinfoterbaru.blogspot.com/2013/07/ragam-motif-batik-cirebon.html#sthash.nifJlsQr.dpuf
Share This :
avatar

bathik memang bagus,halus dan nampak mewah.

January 15, 2014 at 6:29 PM
Aturan berkomentar : No Live Link, No Sara, Nyambung dengan artikel, Sopan & Santun